PELUANG USAHA DONAT UBI JALAR MODAL KECIL




I.                  ABSTRAK

Karya ilmiah ini disusun dengan tujuan untuk memberi informasi kepada para pembaca dalam membuat atau menghasilkan uang dengan cara membuat bisnis kecil sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Memulai usaha tidak selalu harus diawali dari hal-hal yang bersifat besar. Bahkan kadang potensi yang menarik dan besar bisa saja ditemukan dari hal-hal yang kecil dan kadang dengan mudah  dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam karya ilmiah ini, penulis akan membahas “PELUANG USAHA DONAT UBI JALAR MODAL KECIL HASIL BESAR”.


Peluang bisnis kue donat usaha kuliner yang menjanjikan. Bisnis kuliner memang tidak ada matinya, ini terbukti setiap saat pasti ada saja kreasi baru dalam bidang makanan entah itu dari bentuk, rasa, bahan yang digunakan ataupun dari segi harga. Yang pasti dari sekian banyak jenis usaha, usaha kuliner lah yang memiliki prospek menjanjikan walaupun dalam tanda kutip banyak persaingan.

Saat ini jenis bisnis kuliner yang akan saya bagikan ialah bisnis kue donat. Siapa sih yang tidak tahu dengan makanan yang memiliki bentuk bundar dan berlubang ini, makanan ini sangat mudah kita temui dan banyak sekali yang menjualnya. Namun kue donat menjadi salah satu makanan yang membosankan, terlebih jika bentuk dan rasa itu-itu saja.

Maka dari itu diperlukan suatu inovatif dan kreatifitastinggi agar kue donat yang akan kita jual memiliki bentuk dan rasa yang unik serta berbeda dengan donat pada umumnya. Saat ini mulai usaha donat juga tidak membutuhkan modal yang banyak, sehingga bisnis donat sendiri merupakan bisnis modal kecil yang menjanjikan.

Hal penting yang wajib anda lakukan ialah niat berbisnis kue donat, karena tanpa ada niat meskipun mempunyai modal yang besar tidak akan pernah berhasil. Niatkan pada diri anda membuka usaha kue donat ini karena anda tahu sendiri setelah anda melangkah maka akan banyak pesaing diluar sana yang juga menjual kue donat.  Dengan adanya karya ilmiah ini semoga bermanfaat bagi para pembaca yang berminat mengelola bisnis kue donat  sebagai peluang usaha yang menguntungkan.

II.               ISI

Bisnis makanan memang tidak ada habisnya bahkan dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Di zaman sekarang ini siapa yang tidak tertarik dengan makanan yang enak dan menawan rupanya? Memanjakan perut justru malah menjadi hobi tersendiri di masa sekarang ini.  Berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik dan unik. Makanan biasa dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Salah satunya adalah donat  yaitu salah satu jenis makanan yang merupakan hasil olahan dari tepung  terigu. Di artikel saya yang kali ini saya ingin membahas bagaimana cara membuat donat yang lezat dengan menggunakan bahan baku kentang yang digemari banyak orang seperti sekarang ini yang banyak beredar di masyarakat.


Peluang usaha donat ubi jalar itu membutuhkan modal yang kecil, namun ternyata memiliki prospek menghasilkan hasil yang sangat besar. Apabila biasanya donat itu dibuat menggunakan bahan tepung, sekarang sudah ada metode baru dengan menggunakan ubi jalar. Otomatis harga pokok produksi pun akan turun, di mana harga tepung lebih mahal, khususnya tepung yang berkualitas, sementara untuk mendapatkan kentang Anda bisa membayar lebih murah.

Selain itu, ternyata rasa dari donat yang dibuat menggunakan kentang ini tidak kalah enak dibandingkan dengan donat yang dibuat dengan menggunakan tepung premium. Asalkan pengolahannya tepat dan bahan racikan digunakan dengan jumlah yang tepat, tidak berlebihan maupun tidak kurang. Sekarang sudah banyak orang yang memanfaatkan donat kentang untuk menghasilkan uang yang berlimpah. Mari baca selengkapnya.

Donat berasal dari kata inggris “doughnut” atau “donut”, merupakan jenis kue barat yang digoreng, yang umumnya dibuat dari adonan tepung terigu,


gula, telur, dan mentega. Donat berasal dan dikembangkan dari Negara amerika serikat. Versi lain mengatakan donat diperkenalkan dan dibawa masuk ke amerika utara oleh imigran dari belanda.
Bentuk donat yang paling lazim dikenal adalah berbentuk gelang atau cincin dengan lubang di tengahnya dan berbentuk bundar tanpa lubang di tengahnya.

Donat senantiasa digemari oleh berbagai kalangan tua dan muda. Bisa untuk bekal ke sekolah dan piknik maupun untuk cemilan di sore hari. Cara membuatnya pun praktis karena cukup dengan satu bahan dasar. Donat dapat dikembangkan dalam berbagai variasi bentuk dan rasa.

Resep Donat UBI JALAR


Bahan:
·         400 gram tepung terigu protein tinggi
·         1/2 sendok makan (6 gram) ragi instan
·         35 gram gula pasir
·         15 gram susu bubuk
·         1/2 sendok teh baking powder
·         150 gram kentang kukus, dihaluskan
·         1 butir telur
·         115 ml air es
·         30 gram margarin
·         1 sendok teh garam
·         minyak goreng, untuk menggoreng
Bahan Taburan:
·         150 gram gula donat
Cara Membuat Donat UBI JALAR:
1.      Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, susu bubuk, dan baking powder sampai rata. Tambahkan ubi jalar. Uleni rata.
2.      Masukkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
3.      Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 30 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
4.      Pipihkan adonan. Lubangi tengahnya. Letakkan di loyang yang ditabur tipis tepung terigu. Diamkan 45 menit sampai mengembang.
5.      Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang. Dinginkan.
6.      Masukkan donat ke dalam plastik yang sudah berisi gula donat. Kocok-kocok sampai donat terbalut.

Berbagai pilihan rasa donat ubi jalar



      Jangan berpikir bahwa donat ubi jalar ini hanya satu rasa, rasa ubi, tidak begitu. Anda memang membuat donat ini dengan bahan dasar ubi jalar, tetapi Anda dapat menambahkan topping di atasnya. Topping tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari tepung gula, misis, hingga coklat cair. Bahkan Anda juga dapat menggunakan selai dengan aneka rasa, atau menambahkan krim pada bagian dalam donat (Namun yang ini mungkin cukup sulit untuk Anda buat).

Donat Ubi jalar prospek usaha masih oke

      Sekarang ini donat ubi jalar memang sudah mulai dikenal masyarakat dan sudah mulai banyak yang menjual, sehingga harga sudah harus bersaing. Namun masih tetap banyak target pasar yang bisa Anda raih, Anda harus pintar-pintar mencari lokasi untuk berjualan. Carilah lokasi menjual di mana masih sedikit yang menjual donat ubi jalar di daerah tersebut, akan lebih baik jika masih belum ada yang berjualan donat ubi jalar dan Anda yang pertama kali buka di daerah tersebut.

      Anda jangan takut untuk bersaing, jika memang sudah ada yang menjual donat ubi jalar sebelumnya, jangan kemudian berkecil hati. Anda dapat melakukan inovasi bagaimana caranya agar donat ubi jalar Anda menjadi lebih enak atau paling tidak memiliki citarasa tersendiri. Di mana itu dapat menjadi senjata rahasia dari donat ubi jaalar Anda. Dengan memiliki kelebihan, maka Anda dapat menarik konsumen untuk selalu berlangganan donat ubi jalar hanya kepada Anda saja, dan tidak membeli dari pesaing Anda. Juga, pelayanan pelanggan itu sangat penting, Anda harus ramah kepada pembeli, sehingga pembeli pun akan senang membeli donat ubi jalar dari Anda.

Keunikan donat ubi jalar


      Sebenarnya apabila Anda makan antara donat ubi jalar dengan donat standar yang dibuat dari tepung tidak memiliki perbedaan terlalu besar. Namun mungkin Anda dapat merasakan bahwa tekstur dari donat ubi jalar itu lebih halus. Sementara dari sisi penjual akan merasakan bahwa donat kentang memiliki biaya produksi yang lebih murah dibandingkan membuat donat standar dari tepung.

      Bagi Anda yang berjualan donat ubi jalar, lebih baik jangan menggoreng terlalu banyak. Anda dapat menyimpan adonan mentah di kulkas, tetapi jangan digoreng. Jika ada seseorang memesan, barulah Anda goreng, karena itu bertujuan untuk menjaga supaya kualitas rasa tetap terjaga. Supaya donat tetap hangat ketika konsumen Anda nikmati nanti. Apabila Anda sudah memiliki resep yang pas dan lezat, Anda mungkin bisa mencoba membuka waralaba donat kentang sendiri dan mencari mitra untuk membantu menjualkan donat ubi jalar Anda, dengan pembagian keuntungan tentunya.

Harga donat ubi jalar

Memiliki banyak variasi kue donat, anda harus pintar-pintar menentukan harga kue donat anda. Kalau bisa anda harus membuat beberapa variasi donat dengan harga yang juga bervariasi, ada yang mahal dan juga ada yang murah. Tentunya saat menentukan harga anda juga harus melihat dari segi biaya pembuatan donat tersebut.

Pemasaran donat ubi jalar

Mungkin hal terakhir yang harus anda lakukan ialah memasarkan produksi kue donat dengan tepat. Pemasaran merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis. Anda dapat menjual kue donat dirumah anda. Seperti dititipkan di warung, kantin, di jajakan di tempat yang ramai atau bahan anda dapat menerima pesanan pembuatan kue donat (dipasarkan secara online).

III.           REFERENSI
·         Hasil pemikiran sendiri

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »